Pantai biasanya menjadi destinasi liburan favorit bagi mereka yang ingin melepas lelah dari hiruk-pikuk kota. Namun, tahukah kalian jika ada beberapa pantai yang menyimpan misteri?




Berbicara mengenai pantai, biasanya pada akhir pekan orang-orang ingin menikmati aroma air laut, merasakan lembutnya pasir pantai, dan melihat deburan ombak. Liburan sederhana itu menjadi salah satu relaksasi paling mujarab, melepas penat setelah dipadatkan dengan berbagai tumpukan pekerjaan. Namun, tak banyak yang tahu keindahan pantai ternyata menyimpan beragam misteri.




Indonesia sendiri merupakan negara maritim yang dua pertiga wilayahnya adalah lautan. Oleh karena itu, Indonesia memiliki begitu banyak pantai yang menjadi daya tarik wisatawan asing maupun domestik. Beberapa pantai menyimpan misteri menarik hingga menakutkan untuk diketahui. Berikut 5 pantai di Indonesia yang memiliki beragam misteri.


Pantai Parangtritis

Pantai yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi para wisatawan, terletak di Provinsi Yogyakarta. Parangtritis terkenal dengan misteri Nyi Roro Kidul. Sosok yang sejak dulu begitu melegenda, sang penguasa laut selatan. Konon katanya jika ada wisatawan yang  mengenakan pakaian berwarna hijau, ia akan terseret ombak dan tak bisa ditemukan lagi. Menurut kepercayaan penduduk, Pantai Parangtritis merupakan gerbang gaib menuju kerajaan Ratu Pantai Selatan.

Pantai Batu Raja Apoang

Pantai ini berada di Majene, Sulawesi Selatan dan menjadi salah satu destinasi liburan yang menarik. Menurut masyarakat sekitar, di salah satu bagian pantai ini terdapat jejak kaki raksasa. Di wilayah Majene juga terdapat teluk yang disebut “Segitiga Bermuda”-nya Indonesia. Sebutan itu disematkan karena peristiwa jatuhnya pesawat Adam Air pada tahun 2007 yang menabrak laut dan pecah. Untuk menuju ke sana wisatawan harus melewati Pantai Batu Raja Apoang.

Pantai Bande Alit

Jika anda ke Jember dan berkunjung ke Taman Nasional Meru Betiri, wajib mampir ke Pantai Bande Alit. Konon di Pantai Bande Alit ini terdapat sosok makhluk kerdil seperti manusia yang berukuran tidak sampai satu meter.  Ia membawa tombak mencari ikan di sepanjang pesisir pantai. Mereka sering mengganggu nelayan sekitar membuat hasil tangkapan berantakan dan kadang dicuri. Pada tahun 1992 ada dua ilmuwan Inggris yang meneliti tentang keberadaan makhluk kerdil itu, tetapi tidak menunjukkan hasil.

Pantai Kedung Tumpang

Pantai yang memiliki daya tarik dengan tebing-tebing tingginya ini berada di Kabupaten Tulungagung. Para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sangat disarankan datang pada pagi hari. Karena saat sore hempasan ombak yang setinggi tebing dapat membahayakan keselamatan wisatawan. Hal lainnya yang tidak boleh dilakukan yaitu selfie di sekitar karang karena sangat berbahaya, dapat terseret ombak ganas. Selain itu, ke pantai ini tidak diperbolehkan membawa jeruk karena bisa mengundang ombak besar.

Pantai Pangandaran

Pantai ini berada di Bandung dan masih menjadi bagian dari laut selatan. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, tidak boleh mandi di Pantai Pangandaran. Karena konon di sana anak angkat Nyi Roro Kidul mencari teman untuk menemaninya. Kisah bermula ketika simpanan Raja Padjajaran hamil dan membuat raja murka sehingga ia dibuang ke hutan.

Wanita itu berniat bunuh diri saat melihat laut lepas setelah keluar dari hutan. Namun, ia diselamatkan oleh sang penguasa laut selatan, kemudian diangkat menjadi anak.

Semua keindahan alam yang ada di dunia memiliki misteri yang menurut sebagian orang menarik untuk dibahas. Namun, ada pula yang menakutkan sehingga masyarakat sekitar lebih memilih untuk menutup mulut. Dari kelima pantai di atas membuktikan jika alam merupakan kuasa Tuhan yang menyimpan begitu banyak rahasia.


Oleh : Tarachun
SHARE 1 comment

Add your comment

© KMC Group · THEME BY WATDESIGNEXPRESS