Keseharian sangat penat dan membosankan? Saran yang lebih menyenangkan adalah liburan. Setiap orang pastinya ingin pergi liburan ke mana saja asalkan tempat itu mampu membawa pengaruh positif pada diri kita. Namun, terkadang beberapa orang juga lebih berpikir berulang kali hanya untuk liburan.
Alasannya tidak ada dana atau sayang uang jika hanya untuk kesenangan sendiri. Lebih baik ditabung untuk masa depan nanti. Prinsip hidup seperti itu memang baik, karena menuntun kita pada hal positif. Tetapi, hidup ini masih butuh sesuatu yang fresh. Tidak melulu hidup dalam kekakuan.




Banyak di antaranya yang merasakan hal seperti itu sampai akhirnya mereka mengubah cara berpikir. Jika tidak sekarang lalu kapan? Kemudian, muncullah satu solusi agar tidak terlalu boros atau bisa dibilang low budget. Berikut adalah ulasannya.

1. Buatlah Planning

Biasanya Planning dibuat sesuai kebutuhan, Budget, juga tempat impian. Di sini kita campurkan. Buatlah Planning ke tempat di mana Anda masih bisa merasakan ketenangan tetapi masih terjangkau dengan isi dompet Anda.

2. Jadwalkan Hari

Ini berkaitan dengan Planning. Karena percuma jika kita tidak menjadwalkan hari keberangkatan maka Planning yang kita buat pun sia-sia. Usahakan jadwal benar-benar ketika Anda libur, bisa juga jika Anda memilih berlibur dan ambil cuti. Tetapi situasikan dulu dengan isi dompet Anda, apalagi jika menginjak tanggal tua itu bukan waktu yang tepat.

3. Rajin Menabung

Sebenarnya memang semua langkah saling berkaitan, seperti saran berikut ini. Bersamaannya Anda membuat Planning, menjadwalkan hari, Anda pun harus rajin menabung bisa saja seperti apa yang saya katakan di atas, liburan ketika jadwal menginjak tanggal tua. Apalagi bagi keluarga yang sudah memiliki beberapa anak, dan permintaan anak untuk liburan tidak bisa diganggu gugat.

4. Persiapkan Semuanya Dari Rumah.

Pastinya setiap bepergian harus ada yang dibawa. Baik itu pakaian ganti, sabun mandi, peralatan masak (jika piknik ke tempat rekreasi) juga jajanan. Ini lebih disarankan untuk keluarga yang pergi dengan rombongan.

Banyak jiwa yang ikut berarti lebih banyak pengeluaran. Dan biasanya jajanan atau makanan di tempat piknik akan lebih mahal dua kali lipat dari harga normal di luar tempat wisata. Maka dari itu, jajanan, makanan, dan minuman disarankan bawa dari rumah. Biar lebih murah meriah.

5. Tahan Keinginan Untuk Segala Hal Yang Membuat Anda Ingin Membelinya.

Hal ini biasanya terjadi pada wanita. Setiap melihat hal yang bagus, cantik dan unik rasanya ingin sekali membeli seberapa pun harganya. Namun, hal itu justru akan memperkerut isi dompet Anda. Belilah yang pantas dibeli, jangan membeli barang hanya karena lihat selintas tanpa tahu ke depannya benda tersebut bermanfaat atau tidak.


Itulah tips liburan dengan low budget. Semoga bermanfaat.
SHARE 2 comments

Add your comment

© KMC Group · THEME BY WATDESIGNEXPRESS