Jika kalian sering memandang langit, pasti kalian akan menjumpai awan di atas sana. Sangat indah, bukan? Namun, apa kalian tahu ternyata ada awan paling berbahaya di antara awan indah itu?
Awan adalah sekumpulan gas uap air yang mengelompok di atmosfer. Secara umum, awan dikelompokkan berdasarkan letak, bentuk, dan ketinggian di atmosfer. Berikut adalah 5 awan paling berbahaya yang ada di bumi kita. So, check this out!




1. Awan Kumulonimbus
Pasti kalian sudah tak asing dengan awan satu ini. Awan yang berukuran besar dan sangat tinggi ini termasuk dalam jajaran awan paling berbahaya karena mengandung aliran listrik di dalamnya. Awan kumulonimbus sering berkontribusi pada cuaca dingin, hujan lebat, dan badai petir.

Ciri-ciri dari Awan Kumulonimbus adalah sebagai berikut:
  • Ketinggian Awan KumuloNimbus berkisar antara 2.000 - 16.000 m
  • Awan ini Berwarna putih atau gelap dan menimbulkan hujan dengan kilat dan guntur.
  • Awan ini sangat berhubungan erat dengan hujan deras, badai. tornado dan petir.
2. Awan Lentikular
Awan berbentuk lensa atau piring ini juga salah satu dari awan paling berbahaya. Awan yang terbentuk karena angin kencang ini sangat berbahaya bagi pilot pesawat. Mereka harus menghindari awan ini karena dapat mengakibatkan turbulensi yang kuat pada sistem rotor pesawat.

Awan ini umumnya berada di daerah perbukitan dan pegunungan. Terbentuk dari terbenturnya angin pada dinding penghalang besar seperti gunung, hingga menghasilkan pusaran dan terbentuknya awan ini. Sebenarnya awan ini hanya berisikan udara tanpa mengandung hujan dan badai.

3. Awan Mammatocumulus
Awan mammatocumulus atau sering disebut dengan awan mammatus adalah awan berbentuk gumpalan-gumpalan menggantung yang sering diikuti badai besar seperti badai petir dan topan. Karena itu, awan ini juga termasuk awan paling berbahaya. Karena sering dihubungkan dengan kemunculan petir.

4. Awan Capillatus
Awan paling berbahaya satu ini memiliki ukuran yang besar dan sangat tinggi yang sering membawa hujan, kilat, dan guntur datang bersamanya sehingga awan ini sering diwaspadai dan dihindari para pilot pesawat.

5. Awan Morning Glory
Fenomena awan langka ini juga termasuk awan paling berbahaya. Hal itu terjadi karena awan ini datang disertai dengan badai angin, meningkatnya perpindahan udara vertikal, dan perubahan tajam tekanan awan. Awan ini dapat dijumpai di langit Notherm Australia dan sangat dihindari para pilot.


Itulah 5 awan paling berbahaya yang mesti kita ketahui. Menakjubkan, bukan? Hati-hati and stay safety, Dear!
SHARE 6 comments

Add your comment

  1. Baru tau ternyata ada berbagai macam awan yg berbahaya, makasih infonya kak

    ReplyDelete
  2. Keren. Jadi tahu jenis-jenis awan yang membahayakan.

    ReplyDelete
  3. Tambahan ilmu 😊
    sangat bermanfaat 😊

    ReplyDelete
  4. Aku suka nama-namanya. Insppirasi untuk nama anak selanjutnya.
    Terima kasih, Kakak😘

    ReplyDelete

© KMC Group · THEME BY WATDESIGNEXPRESS