Dialog adalah nyawa dari sebuah cerita



Tak dipungkiri bahwa dialog adalah salah satu nyawa tersendiri dari sebuah novel. Kehadirannya membawa nuansa berbeda, di mana pembaca akan diajak berbicara sesuai karakter buatan kita.




Sudah banyak ditemui di berbagai cerita khususnya para penulis pemula yang seringkali salah saat menulis dialog. Lalu seperti apa menulis dialog tag yang benar itu?


Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog, yang menginformasikan identitas si
pengucap dialog. Perhatikan contoh berikut: a) "Aku mencintaimu," kata Renald.
Dialog tag biasanya ditandai dengan kata "ujar", "ucap", "kata", "bisik", "ungkap" dsb.
b) Renald berkata, "Aku mencintaimu."
Jika dialog tag-nya ada di akhir, maka akhiri dialog dengan tanda baca koma seperti dicontoh (a). Dan jika dialog tag-nya ada di awal, maka akhiri dialog tag-nya dengan tanda koma dan akhiri dialog dengan tanda titik atau tanda tanya jika dialognya berupa kalimat tanya.
Dan jangan lupa, awali dialog dengan huruf kapital jika dialog tag-nya berada di awal seperti contoh (b). Namun, kita harus teliti yah agar bisa mengetahui perbedaan dialog tag dan yang bukan dialog tag. Seperti contoh di bawah ini:
Rion."
c) "Kemarin aku melihatmu di toko buku bersama dengan Rion." Rendi menatap Tari tajam.
d) Mata Rendi menatap Tari tajam. "Kemarin aku melihatmu di toko buku bersama dengan




Nah, contoh di atas itu BUKAN dialog tag. Melainkan kalimat aksi/aktivitas yang
mendeskripsikan aktivitas lain si pengucap sambil mengucapkan dialog.
Jika kalimat yang mengikuti dialog bukan dialog tag, maka akhiri dialog dengan tanda titik seperti contoh (c).
Dan jika kalimat tersebut berada di awal sebelum dialog, maka akhiri kalimat itu dengan tanda titik juga, seperti di contoh (d).



Dikutip dari Wikipedia bahwa dialog sendiri adalah literatur dan teatrikal yang terdiri dari percakapan secara lisan atau tertulis di antara dua orang atau lebih. Sejarahnya berasal sebagai narasi, filosofi atau lambang dedikasi yang dapat ditemukan di Literatur Yunani Kuno dan Literatur India, khususnya pada seni kuno yaitu Retorika.



Demikianlah beberapa ulasan tengang dialog tag. Semoga membantu dan salam literasi. Semoga setiap katanya mengandung kebaikan dan bermanfaat. Selalu gunakan aturan sesuai PUEBI agar tulisan kita semakin baik dan tentunya membawa manfaat yang jelas.
SHARE 0 comments

Add your comment

© KMC Group · THEME BY WATDESIGNEXPRESS